Artikel
ini diharapkan bisa membantu para Kepala Sekolah, Guru untuk menuliskan sebuah
berita atau laporan kegiatan edukasi sekolah di website atau blog sekolah.
Kalimat
5W+1H - Bagi para penulis, jurnalis atau pencari berita tentunya tidak asing
lagi mendengar tentang 5W+1H karena rumus itulah yang menjadi dasar dalam
menulis dan mengembangkan sebuah tulisan berita. Namun, sebenarnya apakah yang
dimaksud dengan rumus 5W+1H itu?
5W+1H
adalah rumus klasik yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang digunakan untuk
mencari inti pokok berita kegiatan, mengembangkan berita atau sebuah kegiatan
sekolah. Mengapa demikian?
Hal
ini karena rumus 5W+1H berisi inti-inti penyusun berita atau kegiatan di
sekolah.
5W+1H
diambil dari kata-kata tanya dalam bahas Inggris:
1.
What (Apa
2.
Who (Siapa)
3.
When (Kapan)
4.
Why (Mengapa)
5.
Where (mana) dan
6.
How (Bagaimana)
Di
bawah ini adalah contoh-contoh kalimat 5W+1H
Kalimat
5W+1H
1. What (Apa)
Kata
tanya yang pertama dari rumus ini adalah Apa. Kata tanya ini berisi pertanyaan
mengenai permasalahan atau hal yang dilaksanakan pada suatu kegiatan di
sekolah.
Contoh:
1.
Apa yang sedang dilakukan di sekolah?
2.
Apa saja fasilitas yang digunakan di sekolah?
3.
Apa yang didapatkan dari kegiatan?
4.
Apa yang dikatakan oleh para pemeran utama?
5.
Apa saja yang akan dilakukan oleh para pemeran (KS, Guru, Orangtua siswa, Wali
Murid)?
6.
Apa pandangan orang lain mengenai kegiatan di sekolah?
2. Why (Mengapa)
Kata
tanya mengapa mengandung pertanyaan-pertanyaan mengenai alasan atau motivasi
terjadinya sebuah kegiatan.
Contoh:
1.
Mengapa hal kegiatan ini diadakan sekolah?
2.
Mengapa orangtua murid, Kades, Komite Sekolah, Tokoh Masyarakat diundang?
3.
Mengapa memilih lokasi kegiatan di sekolah?
4.
Mengapa orangtua murid banyak yang tidak hadir?
5.
Mengapa kegiatan ini sangat semarak?
3. Who (Siapa)
Kata
tanya Siapa mengandung pertanyaan-pertanyaan mengenai pelaku atau orang lain
dari sebuah peristiwa yang terjadi.
Contoh:
1.
Siapa saja yang hadir dalam kegiatan di sekolah?
2.
Siapa saja yang berperan dalam kegiatan tersebut?
3.
Siapa saja yang terlibat di dalam kegiatan tersebut? (Guru, siswa, dll)
4.
Siapa saja yang berpendapat dalam kegiatan tersebut?
4. When (Kapan)
Kata
tanya Kapan berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai waktu terjadinya kegiatan
sekolah diselenggarakan.
Contoh:
1.
Kapan kegiatan sekolah itu diselenggarakan?
2.
Kapan (jam) para undangan tiba di sekolah?
3.
Kapan pertemuan lanjutan akan dilaksanakan?
4.
Kapan kegiatan sekolah berakhir?
5.
Kapan kegiatan ini akan dilaporkan kepada pejabat?
5. Where (Di mana)
Kata
tanya di mana mengandung pertanyaan-pertanyaan mengenai tempat atau lokasi
kegiatan diselenggarakan.
Contoh:
1.
Di mana kegiatan ini dilaksanakan?
2.
Di mana ruang / tempat kegiatan diselenggarakan?
3.
Di mana tempat penyelenggaraan tindak lanjut?
6. How (Bagaimana)
Kata
tanya bagaimana berisi pertanyaan-pertanyaan yang mengandung cara atau proses
berlangsungnya suatu kegiatan.
Contoh:
1.
Bagaimana kegiatan sekolah tersebut diselenggarakan?
2.
Bagaimana kehadiran para undangan?
3.
Bagaimana situasi kegiatan tersebut?
4.
Bagaimana reaksi dari peserta, orangtua, walimurid?
5.
Bagaimana pendapat peserta, orangtua, walimurid?
6.
Bagaimana hasil kegiatan tersebut?
7.
Bagaimana tindaklanjut hasil kegiatan tersebut?
Demikianlah
kalimat-kalimat pertanyaan 5W+1H yang biasa digunakan untuk menemukan atau
mengembangkan pokok-pokok pikiran atau inti dari sebuah berita dari sebuah
kegiatan.
Dalam
penulisan berita kegiatan tidak harus urut sesuai dengan urutan 5W+1H tetapi
diharapkan memenuhi kriteria 5W+1H. (was)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar