10 Mei, 2023

Visitasi Akreditasi PAUD di TK Tunas Muda

Berdasarkan Surat Pemberitahuan Pelaksanaan Kegiatan Visitasi Akreditasi Tahap II Nomor: 204.3/K/TU/IV/2023 tanggal 28 April 2023 oleh Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD dan PNF) Provinsi Jawa Timur yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota se Jawa Timur dan Kepala Kementerian Agama Kabupaten dan Kota se Jawa Timur yang berisi Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD dan PNF) Provinsi Jawa Timur Nomor : 204/K/SK/IV/2023 tanggal 28 April 2023, dalam rangka Pelaksanaan Kegiatan Visitasi Akreditasi Satuan PAUD dan PNF Tahap II Tahun 2023 dan hasil Keputusan Rapat Program Akreditasi (RPA) pada tanggal 28 April 2023, disampaikan bahwa pelaksanaan Visitasi Akreditasi untuk Satuan PAUD dan PNF Tahap II Tahun 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 4 s.d. 13 Mei 2023.

TK Tunas Muda termasuk salah satu dari sasaran visitasi akreditasi BAN PAUD dan PNF Provinsi Jawa Timur tahap II Tahun 2023 ini. Jadwal pelaksanaan visitasi akreditasi di TK Tunas Muda adalah hari Rabu tanggal 10 Mei 2023, dengan asesor visitasi yang bertugas adalah Ibu Hayatun Nikmah, S.Pd. (Asesor I) dan Ibu Yatiningsih, S.Pd., M.Pd. (Asesor II) dengan Surat Tugas Nomor: 204.1/K/ST/IV/2023 tanggal 28 April 2023 yang dikeluarkan oleh Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD dan PNF) Provinsi Jawa Timur.

Sebelumnya pada tanggal 18 -23 Maret 2023 asesor melakukan penilaian PPA pada sispena TK Tunas Muda, asesor yang bertugas melaksanakan PPA pada sispena TK Tunas Muda adalah Ibu Suhartini Nurul Azminah, M.Pd. Pada pelaksanaan PPA kami (TK Tunas Muda) diminta melengkapi dan memperbaiki dokumen – dokumen yang diunggah. Selama menunggu jadwal visitasi akreditasi guru, PTK, dan juga paguyuban TK Tunas Muda bekerja sama saling bantu membenahi, memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasarana yang ada di TK Tunas Muda, mulai dari menghias kelas, menata kelas, mengecat pagar, membersihkan dan menata lingkungan sekolah, menata halaman sekolah, melengkapi dokumen dan masih banyak lagi kegiatan yang kami lakukan bersama – sama.

Hari Rabu tanggal 10 Mei 2023 pukul 06.30 Ibu Hayatun Nikmah, S.Pd. (Asesor I) sampai di TK Tunas Muda, beliau dijemput salah satu anggota paguyuban (Bunda Faiz) di jalan raya menuju desa Butoh. Ibu Haya disambut dengan senang hati oleh kepala TK, guru, anak – anak, paguyuban, dan juga teman – teman guru yang sengaja datang untuk membantu dan melihat secara langsung proses visitasi akreditasi TK Tunas Muda. Ibu Haya disambut dengan lagu “Selamat datang Bunda”. Setelah berbincang sebentar dengan kami, Ibu Haya mulai mendokumentasikan lingkungan TK Tunas Muda, dari papan nama, kelas, ruang – ruang yang dimiliki, APE, dll. Sambil menunggu Asesor II, Ibu Haya berkomunikasi dengan Peserta Didik, bertanya tentang berangkat jam berapa, sarapan apa, apa saja yang dilakukan, dan masih banyak lagi pertanyaan yang disampaikan Ibu Haya, anak – anak pun menjawab dengan polos dan jujur.

RPPM, RPPH, format penilaian dan media pembelajaran sudah kami siapkan. Pukul 07.00 WIB pembelajaran di TK Tunas Muda mulai dilaksanakan dan asesor telah siap menilai semua kegiatan pembelajaran yang kami lakukan dari kegiatan awal sampai kegiatan penutup (anak – anak pulang). Pembelajaran diawali dengan kegiatan di luar kelas yaitu senam, permainan – permainan (memindahkan air ke dalam botol menggunakan spon, melewati papan titian dan berjalan jinjit, mengelompokkan bola sesuai warna keranjang, melempar tangkap bola), cuci tangan, minum air putih, baris di teras kelas untuk hormat bendera, menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu nasional, lagu daerah, lagu keagamaan, lagu karakter.

Pukul 08.00 anak -anak sudah selesai pembelajaran di luar kelas, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan di dalam kelas yang diawali dengan berdoa, menanyakan kabar, absen, berita pagi, menanyakan tema yang kemarin, menjelaskan tema hari ini. Kami mengambil tema Alam Semesta sub tema hujan pada kegiatan kali ini, Hari ini ada 5 kegiatan yang akan diselesaikan anak – anak, yaitu:
  1. Kolase gambar hujan menggunakan media: jagung, kacang hijau, kulit telur, dan daun kering;
  2. Melengkapi replika proses terjadinya hujan dengan menggunting gambar awan hitam, awan putih, matahari kemudian menempel pada tempatnya;
  3. Membentuk huruf dari plastisin atau batu warna menjadi kata;
  4. Mengecap menggunakan pelepah pisang, pelepah pepaya, belimbing, dan pasta warna;
  5. Membuat percobaan hujan pelangi.

Lima kegiatan ini dilakukan anak – anak dengan tertib dan bersemangat, anak - anak juga bermain di sudut pengaman, tempat bermain, dan membaca buku pada saat menunggu teman untuk berpindah ke kegiatan selanjutnya. Mereka bertanggung jawab mengembalikan mainan yang sudah meraka gunakan.

Setelah semua kegiatan dilakukan tibalah saatnya untuk istirahat dan makan bersama. Sebelum dan sesudah makan anak – anak dibiasakan berdoa dengan dipimpin oleh salah satu dari mereka yang berani mengangkat tangan dan menjawab “Saya Bunda” pada saat di tanya oleh guru “Siapa yang berani memimpin doa sebelum makan?”. Pada saat makan anak – anak berlatih mandiri dan tanggung jawab, mereka mengambil nasi, sayur, lauk, buah dan susu sendiri. Anak – anak akan menghabiskan makanan yang sudah diambil sendiri dan bertanggung jawab membersihkan tempat makan, sendok, dan gelas yang sudah mereka gunakan. Setelah selesai membersihkan alat makan anak – anak bermain di tempat bermain atau ruang bermain, mereka bisa menggunakan semua mainan atau APE secara bergantian atau bersama – sama, setelah selesai mereka juga harus bertanggung jawab mengembalikan dan merapikan alat main yang mereka gunakan.

Kegiatan terakhir atau penutup, guru melakukan tanya jawab kepada anak – anak tentang apa yang mereka lakukan atau pelajari pada hari ini, dan meminta anak untuk menuangkan dalam bentuk gambar, setelah selesai satu persatu mereka menceritakan apa yang mereka gambar. Guru berpesan untuk berhati hati bila berjalan pulang, apa bila belum dijemput orang tua tunggu di sekolah, jangan lupa membantu orang tua dan kerjakan shalat lima waktu. Anak- anak berdoa pulang dengan dipimpin salah satu dari mereka, mengambil tas, salim dan salam dengan tertib. Guru menyerahkan anak kepada orang tua yang telah menjemput. Semua kegiatan dari awal sampai akhir (Penjemputan) sudah tertulis di dalam RPPH dan SOP TK Tunas Muda. Pada pukul 11.00 WIB kegiatan pembelajaran anak selesai kemudian dilanjutkan dengan acara Pembukaan.

Pada acara pembukaan visitasi akreditasi PAUD di TK Tunas Muda, di hadir oleh:

1.    Asesor I                                             : Hayatun Nikmah, S.Pd.

2.    Asesor II                                            : Yatiningsih, S.Pd., M.Pd.

3.    Korwil Pendidkan Kecamatan Ngasem     : Achmad, S.Pd.SD.

4.    Pengawas TK Kecamatan Ngasem          : Suciati, S.Pd.

5.    Kepala SD Negeri Butoh II                     : Mafluhatul Azizah, S.Pd.SD.

6.    Ketua IGTKI Kecamatan Ngasem            : Siti Nuriyah, S.Pd.

7.    Ketua Yayasan PKK Ds. Butoh                : Yuli Widyaningsih

8.    Pengurus Paguyuban                             : Dumiati, Sudarti, Amining

9.    Ketua Gugus                                         : Satini Ratnasari, S.Pd.

Susunan acara pembukaan visitasi akreditasi TK Tunas Muda adalah:

1. Pembukaan (oleh pembawa acara : Siti Irene Ernawati, S.Pd.AUD.)
2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya (dirijen : Satini Ratnasari, S.Pd.)
3. Sambutan – sambutan:
I.     Kepala TK Tunas Muda
II.    Ketua Yayasan PKK Desa Butoh
III.   Korwil Pendidikan Kecamatan Ngasem
IV.    Asesor
4. Doa (Amining)
5. Penutup

Selanjutnya acara diserahkan kepada Asesor.

Acara pembukaan berakhir pada jam 12.30 WIB, dan selanjutnya para undangan dipersilakan untuk isoma (istirahat, sholat, dan makan). Pada jam 13.00 WIB acara dilanjutkan dengan wawancara. Wawancara yang pertama dilakukan dengan pengurus paguyuban TK Tunas Muda, asesor banyak menanyakan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan oleh paguyuban untuk membantu pembelajaran di TK Tunas Muda. Program – program paguyuban itu apa saja dalam satu tahun pembelajaran ini. Setelah asesor mendapatkan dokumen yang cukup dari paguyuban, dilanjutkan dengan wawancara dengan guru dan kepala sekolah. Acara selanjutnya adalah penutupan, pada sesi ini Ibu Yatiningsih, S.Pd., M.Pd. dan Ibu Hayatun Nikmah, S.Pd. banyak memberikan pesan, nasehat, semangat kepada kami diantaranya untuk selalu meningkatkan pelayanan dan pembelajaran peserta didik, untuk membentuk generasi bangsa yang unggul dan berkarakter sesuai zamannya. Acara penutupan Visitasi Akreditasi PAUD di TK Tunas Muda diakhiri dengan penyerahan Berita Acara dari Asesor kepada Kepala TK Tunas Muda.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar