03 November, 2023

Visitasi Akreditasi di KB Melati Desa Butoh, Kacamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro

Visitasi Akreditasi KB Melati Butoh Ngasem

Akreditasi PAUD dan PNF adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan program dan satuan PAUD dan PNF berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan. Akreditasi merupakan proksi dari layanan PAUD yang berkualitas bagi anak usia dini. Akreditasi adalah bentuk pembuktian komitmen satuan dan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat pada satuan dalam menyediakan layanan PAUD yang berkualitas bagi anak usia dini. Lembaga atau asesi yang akan mengajukan akreditasi, harus melalui beberapa tahapan yaitu:
(a) Pendaftaran;
(b) Pengisian PPA;
(c) Penilaian PPA;
(d) Visitasi;
(e) Validasi, dan
(f) Pengumuman/Penetapan.

Ada 8 Standar akreditasi Nasional PAUD meliputi:
1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak;
2. Standar Isi;
3. Standar Proses;
4. Standar Penilaian;
5. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
6. Standar Sarana dan Prasarana;
7. Standar Pengelolaan dan
8. Standar Pembiayaan.

KB Melati yang sudah berdiri sejak tahun 2009 merupakan satu rumpun satu lokasi dengan TK Tunas Muda Butoh, baru tahun 2023 ini tepatnya di bulan September selesai mengisi Sispena (PPA). Pada tanggal 28 September 2023 mulai penilaian PPA oleh Asesor BAN PAUD dan PNF Jawa Timur atas nama Nurpadmini, S.Pd. dan pada tanggal 1 Oktober 2023 penilaian PPA KB Melati selesai, sambil menunggu jadwal visitasi KB Melati mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan visitasi akreditasi.

Hari Jumat, 20 Oktober 2023 adalah hari yang dijadwalkan asesor BAN PAUD dan PNF untuk visitasi akreditasi di KB Melati. Ibu Iva Dwi Nurhayati, S.Pd. dan Ibu Ummu Khairiyah, S.Pd., M.Pd. adalah Asesor yang ditugaskan oleh Lembaga BAN PAUD dan PNF untuk melakukan visitasi akreditasi di KB Melati Desa Butoh. Asesor sampai di KB Melati tepat pukul 07.00 WIB, barisan pendidik, anak-anak dan orang tua sudah siap menyambut kedatangan asesor, lagu “Selamat datang bunda” dinyanyikan oleh semua yang menyambut asesor dengan penuh semangat. Sambil berjabat tangan dengan pendidik, anak – anak dan orang tua asesor menuju ke gedung sekolah sambil mengambil dokumentasi.

Kegiatan anak pada saat visitasi akreditasi seperti hari – hari biasanya yaitu:
1. Penyambutan;
2. Cuci tangan;
3. Menyiram bunga (dilakukan dimusim kemarau, karena bunga di pot taman kering dan harus di siram);
4. Kegiatan fisik motorik di luar kelas;
5. Cuci tangan;
6. Kegiatan pembiasaan yang di lakukan di teras kelas;
7. Masuk kelas (berdoa), salam;
8. Kegiatan inti ( ada 3 kegiatan);
9. Makan bersama;
10. Kegiatan penutup;
11. Penjemputan.

Semua kegiatan di atas sudah tertulis dalam RPPH dan SOP KB Melati Desa Butoh Kec. Ngasem.
Kegiatan anak selesai pukul 10.30 WIB, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembukaan. Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh:
1. Asesor;
2. Penilik PAUD Kecamatan Ngasem;
3. Ketua Yayasan PKK Desa Butoh;
4. HIMPAUDI Kecamatan Ngasem;
5. Kepala SD Negeri Butoh II;
6. Paguyuban;
7. Ketua Pengelola;
8. Kepala TK dan Guru.

Pada acara pembukaan ini, Pengelola KB Melati meminta arahan dan bimbingan kepada asesor BAN PAUD dan PNF untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran di KB Melati supaya kedepannya KB Melati menjadi lembaga yang berkualitas. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, yang pertama adalah paguyuban. Paguyuban KB Melati oleh asesor ditanya tentang kiprahnya dalam peran serta orang tua di lembaga KB Melati. Setelah paguyuban selesai dilanjutkan dengan pendidik KB Melati, banyak hal yang ditanyakan asesor untuk melengkapi dokumen yang akan di kirim ke BAN PAUD dan PNF pusat.

Sekitar pukul 16.00 kegiatan visitasi akreditasi di KB Melati selesai. Acara penutupan masih dihadiri oleh Bapak Penilik PAUD Kecamatan Ngasem yaitu Bapak Yulianto Friadi, S.Pd., M.M. belau sangat berterimakasih kepada asesor yang sudah melakukan visitasi akreditasi dan lembaga yang sudah di visitasi akan menjadi lebih baik untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar