17 Februari, 2023

TK Tunas Muda, KB Melati, dan SD Negeri Butoh II Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhamad SAW 1444 H/2023 M.

 

Jumat, 17 Februari 2023 TK Tunas Muda dan KB Melati bersama dengan SD Negeri Butoh II memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW secara bersama-sama di ruang kelas SD Negeri Butoh II. Peringatan Isra’ Mi’raj merupakan program tahunan lembaga TK Tunas Muda dalam kegiatan religi. Acara di hari Jumat ini di mulai pada jam 08.00 WIB dan dihadiri oleh seluruh siswa dari TK Tunas Muda, KB Melati, dan SD Negeri Butoh II, dan juga orang tua siswa dari TK Tunas Muda dan KB Melati. Segenap pendidik dan tenaga kependidikan TK Tunas Muda, KB Melati dan SD Negeri Butoh II juga menghadiri acara tersebut. Isra’ Mi’raj pada tahun ini menghadirkan nara sumber dari pendidik agama TK Tunas Muda dan KB Melati yaitu Ustad Karim.

Tema peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW kali ini adalah Membangun Akhlak Generasi Muda dengan Nilai Teladan Rasulullah SAW, dengan susunan acara :

1.    Pembukaan;

2.    Pembacaan ayat suci Al Quran;

3.    Mahalul Qiyam;

4.    Sambutan;

5.    Ceramah Isra’ Mi’raj;

6.    Doa;

7.    Penutup.

Pada acara ini pembawa acara, dan pembaca ayat suci Al Quran disampaikan oleh siswa SD Negeri Butoh II.


Ibu Azizah, S.Pd. selaku Kepala Sekolah sekaligus ketua panitia Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi doa dan sodaqoh kepada lembaga sehingga acara Isra Mikraj ini berjalan dengan sukses dan tak lupa Kepala Sekolah juga meminta doa dan dukungan supaya program-program lembaga KB, TK SD dapat terlaksana dengan baik. “Dengarkanlah ceramah ustad dengan baik dan ambil hikmahnya supaya kita mengerti dan bisa mengamalkan apa yang terkandung dalam Isra’ Mi’raj kali ini,” pitutur KS SD Negeri Butoh II pada sambutannya.

Ceramah Isra Mikraj disampaikan oleh Ustad Karim yang mana beliu juga pengajar agama Islam di TK Tunas Muda Butoh dan KB Melati. Acara ini meskipun dilaksanakan dengan sederhana tanpa sedikitpun mengurangi makna yang terkandung di dalam Isra Mikraj yaitu peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW. dari Masjidilharam ke Masjidil aqsa, langsung ke Sidratul muntaha (di langit ke tujuh) pada malam hari untuk menerima perintah salat lima waktu. Ustad Karim menceritakan perjalanan Nabi saat menerima perintah shalat tersebut. Beliau juga menegaskan, “Bacalah Sholawat Nabi sebanyak-banyaknya di bulan Rajab ini supaya kita mendapat syafaat dan tauhid atau pertolongan di dunia dan akhirat dan juga mendapatkan surganya Allah”. Para orang tua murid juga di minta mengajarkan shalat lima waktu dan mengaji kepada putra putrinya di rumah, selain yang diajarkan oleh guru di sekolah.

Sebelum membacakan doa untuk mengakhiri acara Ustad Karim mengajak semua yang hadir untuk bersholawat nabi bersama – sama untuk mendapat syafaat dan tauhid Nya.

Kesimpulan pada peringatan Isra’ Mi’raj kali ini adalah :

1.    Isra’ Mi’raj dilaksanakan pada tanggal 27 Rajab;

2.    Nabi Muhammad SAW mendapat perintah melaksanakan shalat 5 waktu;

3.    Isra’ Mi’raj di tempuh dalam waktu satu hari satu malam;

4.    Orang yang pertama kali percaya adanya Isra’ Mi’raj adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar