04 September, 2023

Ibu-Ibu Paguyuban TK Tunas Muda dan KB Melati Desa Butoh ikut Ramaikan Karnaval Pawai Budaya 2023


Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pawai diartikan sebagai iringan orang, mobil, kendaraan, dan sebagainya. Sedangkan budaya berarti adat istiadat atau suatu kebudayaan yang sudah berkembang.  Jadi, pawai budaya adalah sebuah bentuk acara yang menampilkan iring-iringan dari kelompok peserta yang membawa keunikan adat daerah masing-masing, mulai dari baju, alat musik, permainan, hingga hasil bumi. Pawai budaya bisa menjadi sebuah jendela bagi kita untuk mengetahui kekayaan tradisi Indonesia.

Tujuan pelaksanaan pawai untuk memberikan wahana positif dan edukatif kepada warga untuk menumbuhkan nilai kejuangan dan kegotong-royongan

peran pawai budaya sebagai upaya dalam melestarikan budaya yang dimiliki oleh indonesia, dengan pawai budaya diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat agar lebih peduli terhadap budaya yang ada terutama pada generasi muda. 

Sejak dulu kala Indonesia dikenal memiliki beragam jenis budaya. Salah satu budaya tersebut adalah budaya ngunduh mantu dengan mengadakan upacara adat. Salah satu upacara adat yang banyak digunakan adalah pernikahan adat Jawa. Rangkaian prosesi adat yang sudah diturunkan secara turun temurun ini memiliki beragam makna di balik setiap prosesinya. 
Rangkaian prosesi adat Jawa ini juga umumnya dilakukan secara urut mengikuti rangkaian tata caranya. Rangkaian tata cara upacara pernikahan adat Jawa yang memiliki sub-prosesi yang berisikan rangkaian ritual adat dengan penuh makna.

Pawai budaya yang diselenggarakan 3 September 2023 di Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro memiliki banyak sekali manfaat bagi Indonesia dan masyarakatnya, di antaranya yaitu: Menjaga kebudayaan Indonesia, Hiburan bagi semua masyarakat, dan Meningkatkan nasionalisme karena mengetahui kekayaan bangsa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar