26 Juli, 2023

Yuk, Kenalkan Simbol dan Lambang Negara Indonesia pada Anak


Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, kita perlu mengenalkan simbol dan lambang Negara Indonesia kepada anak agar anak memiliki rasa cinta kepada tanah air sejak usia dini. Berikut ini beberapa aktivitas untuk mengenalkan simbol dan lambang Negara Republik Indonesia pada anak.

1. Mengamati Gambar dan Video
Menyediakan gambar bendera RI lalu mengajak anak mengamati warna, bentuk, serta menyampaikan makna setiap warnanya. Pendidik juga mengajak anak mengamati gambar lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila, lalu menyebutkan setiap lambang sila yang diamatinya serta bunyi setiap sila. Mengajak anak menonton video tentang bendera RI, lagu Indonesia Raya, dan Garuda Pancasila.

2. Menyusun Puzzle
Mengajak anak untuk menyusun puzzle bendera Negara Republik Indonesia dan Garuda Pancasila. Ukuran potongan puzzle disesuaikan dengan karakteristik usia dan perkembangan anak.

3. Mengikuti Upacara Bendera
Mengajak anak untuk mengikuti upacara bendera pada hari Senin maupun pada hari peringatan nasional yang menyelenggarakan upacara bendera dan disesuaikan dengan kemampuan fisik anak (pelaksanaan upacara bendera di satuan PAUD tidak berlama-lama agar anak tidak lelah). Jika anak terbiasa mengikuti upacara bendera, dengan sendirinya anak akan mengenal lagu kebangsaan Indonesia dan bunyi setiap sila dalam Pancasila.

4. Menyanyikan Lagu Kebangsaan dan Lagu-lagu Wajib Nasional
Mengajak anak menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan lagu-lagu wajib nasional seperti “Garuda Pancasila”, “Berkibarlah Benderaku”, dan sebagainya dalam berbagai acara atau aktivitas seperti apel bendera atau sebelum memulai aktivitas di satuan PAUD maupun aktivitas di dalam kelas.

5. Menggambar dan Mewarnai
Kita dapat mengajak anak untuk menggambar Garuda Pancasila dan Bendera Merah Putih, kemudian mewarnainya.

6. Membuat Kolase
Menyiapkan gambar Garuda Pancasila dan Bendera Merah Putih lalu mengajak anak membuat kolase dari berbagai alat dan bahan.

7. Bercakap-cakap
Berkomunikasi lisan dengan anak-anak untuk bertukar pikiran, ide, perasaan, atau informasi tentang simbol dan lambang negara Indonesia.

Penulis : Felisitas Ndeot
Editor : Ifina Trimuliana
Kurator : Retno Wulandari
Referensi:
Achmadi, A. (2018). Pengenalan Lambang Dan Rumusan Pancasila Melalui Program Pembiasaan Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila Pada Anak Taman Kanak Kanak Kelompok A. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 14(26), 120-126.
Rahayu, D. (2022). Model Pembelajaran Sentra Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Anak Usia Dini Di Paud Nusa Indah Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 10(1), 164-179.

Sumber:
https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/yuk-kenalkan-simbol-dan-lambang-negara-indonesia-pada-anak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar