Pembelajaran
Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di TK Tunas Muda Butoh
Sudah
satu tahun lebih tepatnya sejak 16 Maret 2020 di TK Tunas Muda tidak melaksakan
pembelajaran tatap muka karena adanya virus Covid 19. Virus Corid 19 yang
melanda Indonesia sangat berdampak besar di semua bidang terutama bidang
pendidikan, dimana guru sebagai pendidik harus tetap melaksanakan kewajibannya
sebagai pengajar, harus tetap memberi informasi atau ilmu pengetahuan kepada
siswanya meskipun dengan pembelajaran jarak jauh.
Dengan berbagai cara seorang guru menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswanya, salah satunya adalah melalui Grup Whatsapp. Guru membuat vidio atau foto pembelajaran yang akan dikirim ke Grup whatsapp untuk diamati orang tua dan disampaikan ke siswa. Pada pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring peran aktif orang tua sangat dibutuhkan, orang tua sebagai pengganti peran guru untuk membimbing anak-anaknya.
Banyak
hambatan yang ditemukan dalam pembelajaran daring, karena TK Tunas Muda berada
di lingkungan pedesaan hambatan yang paling utama adalah belum meratanya
internet dan tehnologi, banyak orang tua siswa yang belum memiliki handphone
dan laptop. Meskipun demikian tidak menyurutkan semangat guru untuk tetap
mengemban tugasnya menyampaikan ilmu kepada siswanya yaitu dengan cara Luring.
Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guru-guru mendatangi rumah siswa
memberikan bimbingan kepada siswanya.
Pemberian kuota internet dan fasilitas kesehatan covid 19 diberikan pemerintah melalui Dana BOP PAUD. Kemendikbud memfasilitasi program Belajar dari Rumah yang ditayangan di televisi adalah upaya dalam terselenggaranya pendidikan dimasa pandemi Covid 19. Pada pandemi covid-19 ini telah memberikan kita begitu banyak pelajaran, tidak hanya tentang upaya memutuskan rantai penularannya, tapi juga bagaimana anak-anak kita tetap belajar dan bagaimana sekolah-sekolah bereaksi memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar.
Pembelajaran Daring Menanamkan Sikap Spiritual kepada anak. |
Pembelajaran Daring, melakukan percobaan sains (membuat gelembung udara dari sabun) |
Pembelajaran Daring, melakukan cuci tangan pakai sabun dengan benar |
Pembelajaran Daring, dengan didampingi orang tua membuat karya ( kebun binatang) dan merangkai cerita sesuai apa yang telah dibuat. |
Pembelajaran daring, anak membuat, mencoba dan bercerita tentang alat tehnologi sederhana. |
Pembelajaran daring, Program Pengembangan Kognitif, anak membuat alat tehnologi sederhana. |
Pembelajaran Daring, membuat karya seni dengan menggambar dan mewarnai. |
Pembelajaran Daring, terampil menggunakan tangan kanan dan kiri untuk menggunting dan menempel. |
Pembelajaran Luring, Guru berkunjung ke rumah siswa untuk memberi bimbingan dan arahan dalam belajar. |
Pembelajaran Luring, dengan telaten guru membimbing dan membina peseta didik dengan berkunjung ke rumah siswa. |
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar